Sensasi PB : “Membentuk Generasi Muda Siaga Bencana dengan Sikap Siap, Sigap dan Tanggap”

 



Gambar 1. Suasana acara Sensasi PB hari pertama

 

Jum’at  (30/10) UKM SAFE BEM KM FKM Unand mengadakan kegiatan Seminar, Pelatihan, Simulasi, Penanggulangan Bencana, atau yang sering kita sebut dengan Sensasi PB.  Pada tahun ini, Sensasi PB mengangkat tema yaitu “Membentuk Generasi Muda Siaga Bencana dengan Sikap Siap, Sigap dan Tanggap”. Masih sama seperti acara lainnya, acara ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

            Kegiatan ini dibuka pada pukul 08.00 WIB yang dipimpin oleh Mc Formal. Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Ketua Pelaksana Sensasi PB, yaitu Elvira Radhiatul. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bapak Nizwardi Azka, S.K.M., M. PPM., M.Pd, M.Si., selaku pembina UKM SAFE BEM KM FKM Unand, sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.

                  Setelah rangkaian acara formal selesai, MC Formal menyerahkan kepada moderator untuk mengatur jalannya acara tersebut. Moderator acara tersebut adalah Muhammad Yusuf yang juga merupakan alumni dari Program Studi Ilmi Gizi FKM Unand.

Materi pertama dari acara ini adalah tentang “Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami” oleh Bapak Sutan Hendra, S.T selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang. Materi kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Survelens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Padang yaitu Ibu Tutwuri Handayani, S.K.M., M.Kes tentang “Peran Dinas Kesehatan dalam Penanggulangan Bencana Non Alam/Kesiapsiagaan dan respon Menghadapi Kedaruratan Kesehatan”. Untuk hari pertama dari rangkaian acara ini, hanya sampai pukul 11.00 WIB.

Hari kedua akan dilanjutkan penyampaian materi mengenai “Peran Mahasiswa dalam Tanggap Darurat Bencana” oleh Nizwardi Azka, S.K.M., M. PPM., M.Pd, M.Si. Lalu dilanjutkan dengan materi “Peran Tagana dalam Penanggulangan Bencana Oleh Dinas Sosial” oleh Yudi Aningskar Widayanto, S.Pd selaku Dinas Sosial Sumatera Barat, selanjutnya dilanjutkan dengan materi “Pelatihan Informasi Jaringan dan Radio saat Bencana”, dan yang terakhir penyampaian materi tentang “Peran PMI dalam Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat Bencana Oleh PMI”

Sensasi PB ini dapat dihadiri bukan hanya dari mahasiswa, tetapi juga dari masyarakat umum. Sehingga diharapkan acara ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat menjadi wadah untuk menggali ilmu lebih dalam lagi dan tentunya dalam pengaplikasiannya.

 

Dheana Putri dan M. Naufal Aryaz

Wartawan Muda UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama