Mendalami Dasar Nilai Keislaman melalui LDNI VIII: “Creating A Soul of Character with Islamic Values”

 

            BEM KM FKM Unand melalui acara Media Kaderisasi Mahasiswa Baru (MAKAMB) mengadakan acara Latihan Dasar Nilai Islam (LDNI) dalam rangkaian kegiatan orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiwa baru pada tanggal 18 Oktober 2020. Mengusung tema “Creating A Soul of Character with Islamic Values”, acara LDNI VIII ini diadakan satu hari dan merupakan acara wajib bagi seluruh mahasiswa baru. Acara tersebut dilaksanakan melalui aplikasi Zoom secara daring karena keadaan pandemic Covid-19 saat ini.

            Diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, LDNI VIII dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an dan pembacaan doa. Usai dibuka secara resmi melalui sambutan dari Gubernur KM FKM Unand,  Abdul Haq, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan Alvina Rasheeda sebagai pemandu acara. Terdapat enam orang pemateri dalam acara LDNI VIII, di antaranya Ustadz Fadhil Abrar, Ustadz Adzka, Herlambang Tinasih, Ustadz Mahdivan, Ustadz Akmal, dan Ustadz Dayat.

            Materi pertama dari Ustadz Fadhil Abrar bertemakan Konsep Diri. Dilanjutkan dengan materi kedua dengan isi Ukhuwah Islamiyah oleh Ustadz Adzka, peserta mendengarkan materi dengan seksama. Pada materi ketiga, Herlambang Tinasih juga memberikan motivasi kepada peserta acara LDNI VIII untuk menjadi aktif dan kreatif dalam perkualihan. Beliau menyampaikan untuk berani mencoba dan berani memulai serta selalu bekerja keras. Setelah materi yang disampaikan selesai, peserta diberi kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh pemandu acara.

            Setelah istirahat untuk shalat dan makan siang, rangkaian acara berikutnya adalah penyampaian materi oleh ketiga pemateri berikutnya. Dengan materi bertema Islam and Sciense, Ghazwul Fikri, dan Urgensi Tarbiyah, peserta diberikan materi yang tidak hanya dengan metode ceramah, tetapi juga didukung dengan pemutaran video dan lagu-lagu islami. Peserta acara LDNI VIII pun aktif dan antusias bertanya pada sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara ditutup secara resmi oleh Alvina Rasheeda selaku MC.

 

Sherin Yudinata dan Yori Aprila

UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama