Mading 19


·         POJOK INFO

HARI PENGLIHATAN SEDUNIA

Hari Penglihatan Sedunia pertama kali diinisiasi oleh Lions Club International yang kemudian berintegrasi menjadi VISION 2020 di bawah World Health Organization (WHO) serta International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB). Hari ini diperingati pertama kali sejak 2000.

 

Menurut data dari International Agency for the Preverency of Blindness, tercatat ada sekitar 253 juta jiwa yang mengalami gangguan penglihatan dengan rincian 217 juta mengalami MSVI (moderate and severe visual impairment) alias memiliki gangguan penglihatan sedang dan berat serta 36 juta mengalami kebutaan.Dengan begitu, kesehatan mata itu penting dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, kini telah ada Hari Penglihatan Sedunia atau dikenal dengan istilah World Sight Day yang diperingati secara global. Ternyata Hari Penglihatan Sedunia tidak menetapkan tanggal tertentu setiap tahunnya, melainkan diperingati setiap minggu kedua bulan Oktober setiap tahunnya.

 

Dalam upaya menekan angka kebutaan atau katarak, Seluruh negara setiap tahunnya merayakan World Sight Day (WSD) atau Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh setiap minggu kedua di bulan Oktober. Pada tahun ini Hari Penglihatan Sedunia di peringati tepatnya pada tanggal 8 Oktober 2020. Tema global Hari Penglihatan Sedunia tahun 2020 adalah “Hope In Sight” dan mengusung tema nasional “Mata Sehat, Indonesia Maju”. Tujuan peringatan Hari Penglihatan Sedunia untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan mata.Mata merupakan indera penglihatan yang berperan penting untuk menyerap informasi secara visual dalam proses pembelajaran, bekerja, dan beraktivitas sehari-hari, sehingga dengan mata yang sehat dapat menjadikan SDM yang lebih unggul dan produktif. Gangguan penglihatan dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Gangguan penglihatan harus kita cegah dan kendalikan utamanya di Era Daring seperti sekarang ini. Diharapkan peringatan Hari Penglihatan Sedunia tahun ini dapat menekan angka gangguan penglihatan untuk mewujudkan generasi muda yang sehat dan berdaya saing.

 

Sumber:

https://dinkes.salatiga.go.id/?p=10032

https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/selamat-hari-penglihatan-sedunia-internasional-73

 

Wafiq Ainul Fiqran

 

·         POJOK TIPS

CARA MENJAGA MATA TETAP SEHAT SELAMA WFH/SFH DISAAT PANDEMI COVID-19

 

Selama masa pandemi, segala aktivitas secara keseluruhan dianjurkan untuk dilakukan dari dalam rumah saja. Seperti  Work From Home dan juga School From Home. Untuk itu, segala sesuatunya sekarang dilakukan dengan cara online dan mengharuskan kita untuk menatap layar. Baik layar laptop maupun smartphone. Tentu saja radiasi dari gadget kita ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan, terutama pada mata. Untuk itu berikut tips-tips untuk menjaga kesehatan mata selama masa pandemi Covid-19:

1.      Jaga jarak layar

Layar komputer yang terlalu dekat dengan mata akan membuat mata tegang untuk tetap fokus. Dalam pengaturan yang tepat, bagian atas monitor harus tepat di bawah ketinggian mata dan berjarak 20-28 inci dari mata.

2.      Terapkan Aturan 20-20-20

Handphone atau laptop dapat menyebabkan computer vision syndrom. Kondisi ini memiliki gejala berupa mata merah dan lelah, pusing, serta munculnya rasa sakit dan pegal pada leher. Untuk mengatasinya, Kepala Tele-oftalmologi JEC@Cloud Dr. Valenchia, Sp.M menyarankan untuk menerapkan aturan 20-20-20, yang mana setiap 20 menit menatap layar, istirahat selama 20 detik, dengan melihat jarak 20 kaki atau 6 meter.

3.      Menyesuaikan pengaturan layar

Seperti dilansir dari Sindo News, menyesuaikan kecerahan dan kontras layar atau menambah ukuran font juga bisa membantu. Dapat pula menempatkan penutup antisilau di layar komputer. Jika memungkinkan, kurangi suhu warna. Bereksperimen sedikit akan membantu menemukan pengaturan yang paling nyaman untuk mata.

4.      Harus lebih sering berkedip

Berkedip sering kali bisa menjadi ide bagus untuk menyegarkan mata. Berkedip menghasilkan air mata yang dapat melembabkan mata.

 

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/07/22/196/2250523/belajar-daring-begini-cara-agar-mata-anak-tetap-sehat

 

Anggun Dwi Syakirah

 

·         POJOK SASTRA

Lihatlah

Karya : Nada Tri Hazka Syahirah

 

Terkadang kita terlalu sibuk

Sibuk memikirkan hal yang tidak kita miliki

Sibuk menyesali kekurangan

Seolah tak ada rasa syukur pada Pencipta

Kita seakan tidak menerima keadaan

Tapi, lihatlah

Mereka yang tidak sempurna

Mereka yang dengan kekurangannya mampu bangkit

Mereka mungkin tidak seperti kita

Mereka banyak kekurangan

Namun mereka mampu berdiri

Hadapi dunia

Nada Tri Hazka Syahirah

 

Cantik jelita merdu suara

Itu dia si Mariska

Panca indera mata haruslah dipelihara

Jaminan kesehatan juga hak mereka

 

Chosyatillah Budiman

·         POJOK HUMOR

 

·         POJOK QUOTES

Tidak semua yang terlihat benar indah,

Dan yang tak tampak pun, belum tentuk buruk,

Keindahan memang tak pasti jika hanya dilihat

Jauh dari penglihatan, butuh perasaan dan mata hati untuk menemukan makna keindahan.

Apa yang kau lihat, belum tentu apa yang orang lain lihat,

Setiap orang memiliki pandangan masing masing untuk mengartikan.

Yang kita lihat memang sama, namun pandangan dan makna kita yang berbeda.

 

- Hari Penglihatan -

Kartinda Aprilya Tomanda

 

Cacat itu bukan ketika mata kehilangan kemampuan melihat. Tapi ketika kehilangan kemampuan melihat menggunakan hati nurani dan akal pikiran yang jernih

 

Rahma wahyuni

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama