Tanamkan Kesadaran Hidup Bersih untuk Lingkungan yang Lebih Sehat Bersama UKM SAFE BEM KM FKM Unand

 

 


Gambar 1. Pamflet acara Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat

 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scouting Action For Empowerment (SAFE)  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) telah mengadakan kegiatan Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat dengan tema “Tanamkan Kesadaran Hidup Bersih untuk Lingkungan yang Lebih Sehat” pada Minggu, 6 September 2020. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB yang diselenggarakan melalui daring dengan menggunakan platform Zoom. Hal ini dikarenakan kondisi sekarang yang tidak memungkinkan untuk berjalannya acara secara offline, disebabkan Pandemi Covid-19 yang semakin merajalela.

 Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat merupakan kegiatan yang diselenggarakan  oleh Departemen Lingkungan Sehat UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Elsa Nur Ikhsani selaku moderator, lalu dilanjutkan  penyampaian kata sambutan oleh Maya Khairunisa selaku Ketua Pelaksana. Selanjutnya, kata sambutan oleh Ketua Umum UKM SAFE BEM KM FKM Unand periode 2020, yaitu Fuaddilla Alhumairah. Setelah itu dilanjutkan kata sambutan oleh Gubernur KM FKM Unand 2020, yaitu Abdul Haq . Berikutnya Nizwardi Azkha, S.K.M, M.P.P.M, M.Pd., M.Si., selaku pembimbing UKM SAFE BEM KM FKM Unand juga turut memberi kata sambutan. Selain itu, juga ada kata sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan III FKM Unand, yaitu Dr, Fivi Melva Diana, S.K.M., M.Biomed sekaligus  membuka kegiatan Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat melalui daring secara resmi.

Setelah berakhirnya pembukaan acara, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Pengolahan Sampah dengan Konsep 3R oleh salah satu dosen FKM Unand, yaitu Septia Pristi Rahmah, S.K.M., M.K.M. Kegiatan ini diikuti oleh 54 orang staf UKM SAFE BEM KM FKM Unand, serta beberapa perwakilan lembaga KM FKM Unand. Antusiasme para peserta Kegiatan Pembersihan Pantai & Jalan Santai terlihat dari kesungguhan peserta selama kegiatan berlangsung hingga acara selesai.

Menurut Maya Khairunisa selaku Ketua Pelaksana kegiatan Pembersihan Pantai & Jalan Sehat 2020 dilihat dari kondisi pandemi yang menyebabkan acara berlangsung online. Kegiatan ini dapat dikatakan sudah sampai kepada target keberhasilan yang diharapkan. Walaupun tentunya jika dilaksanakan secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya, mungkin dapat berjalan lebih baik dan efektif tentunya. Adapun kendala dilakukannya acara Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat secara online, pengurus SAFE tidak bisa membersihkan pantai  secara langsung karena tahun-tahun sebelumnya mereka pergi ke pantai untuk membersihkan lingkungan dan jalan sehat di sekitar pantai. Pelaksanaan acara Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat  diganti dengan membersihkan selokan, sungai, danau atau perairan yang ada di dekat rumah dan melakukan jalan sehat di sekitar rumah. Namun, tidak semua pengurus yang memiliki perairan disekitar rumahnya. Sehingga ini menjadi salah satu kendala dilakukannya Pembersihan Pantai dan Jalan Sehat secara online.

 

 

Arni Melati dan Andini Febrian

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama