Hidup Bersih dan Sehat dengan Germas Go UKM SAFE BEM KM FKM Unand 2020

 

Pada hari Minggu, tanggal 30 Agustus 2020 telah dilaksanakan acara puncak dari kegiatan Gerakan Masyarakat Gotong Royong (Germas Go) oleh UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Acara ini bertemakan “Cegah Resiko Terkena Penyakit Menular dengan Budayakan Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat”. Acara ini telah dimulai sejak tanggal 28 Agustus kemarin, yang mana dimulai dengan lomba membuat video paling kreatif dan bermanfaat dengan menampilkan kegiatan gotong royong di sekitaran rumah. Lomba membuat video gotong royong ini, tidak hanya diikuti oleh pengurus lembaga ini saja. Namun, juga mahasiswa FKM Unand lainnya yang ingin mengikuti acara tersebut. 



Gambar 1. Pamflet acara Germas Go UKM SAFE BEM KM FKM Unand


Setelah dilakukannya pengumpulan sekaligus penilaian terhadap video para peserta lomba, kemudian tibalah pada puncak acara yang dilakukan Via Zoom meeting pada pukul 9 pagi, tanggal 30 Agustus 2020 ini. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, serta pemateri hebat sebagai narasumber terkait topik “Penyakit Tidak Menular” yaitu Bapak Ahmad Hidayat, SKM, MPH.

Materi yang disampaikan ini, tentunya berkaitan dengan tema yang diangkat. Menurut Alvina sendiri selaku ketua pelaksana, menjelakan alasan diangkatnya tema Penyakit Tidak Menular ini karena setiap tahunnya kasus PTM terus meningkat. Padahal, kasus ini dapat dicegah atau dikendalikan faktor risikonya. Oleh karena itu, selama sesi tanya jawab bersama Pak Dayat, para peserta terlihat sangat antusias.

Selain kegiatan pemberian materi dan sesi tanya jawab bersama narasumber, juga diberikan sedikit pengetahuan mengenai Indeks Massa Tubuh (IMT), beserta dengan penggunaan aplikasi untuk menghitung IMT itu sendiri. Kemudian, acara ini ditutup dengan kegiatan pengumuman para pemenang lomba pembuatan video gotong royong, pada pukul 11.30 WIB.

Acara Germas Go ini, bertujuan agar para peserta dan tamu undangan yang hadir dapat mengambil pelajaran dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik terkait Indeks Massa Tubuh, Penyakit Tidak Menular, juga memupuk rasa kebersamaan serta kekeluargaan bersama para peserta dan tamu undangan lainnya. Selain itu, tujuan diadakannya lomba pembuatan video gotong royong ini, sebagai bentuk suatu aktifitas fisik, meningkatkan kreatifitas, serta merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.



Anggun Dwi Syakirah dan Thiara Suci Budiman

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama