Departemen Kajian Strategis BEM KM FKM Unand Adakan Ngobrol Pintar (Ngopi) “Unand Kawasan Tanpa Rokok”



Gambar 1. Poster Ngopi dari Departemen Kastrat BEM KM FKM Unand

Departemen Kajian Strategis (Kastrat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) telah mengadakan kegiatan Ngobrol Pintar (Ngopi) pada Sabtu, 30 Mei 2020 pukul 20.00 WIB. Ngopi kali ini mengangkat isu dan kajian dengan teman “Unand Kawasan Tanpa Rokok”. Kegiatan Ngopi ini dipandu oleh Puti Oneyna Raisa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas angkatan 2018 bersama pematerinya yaitu Bapak Ahmad Hidayat, S.K.M., M.PH., selaku dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Kegiatan Ngopi ini dilakukan secara daring yang tentunya penggunaan metode daring ini tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19 yang penyebarannya semakin meluas. Kegiatan ini diikuti oleh 46 orang mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang terlihat begitu antusias.
Tema “Unand Kawasan Tanpa Rokok” diangkat untuk menjadi tema dikarenakan masih seringnya Kawasan Tanpa Rokok dipandang sebelah mata di kawasan Unand. Kebetulan juga pada tanggal 31 Mei merupakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang digunakan sebagai momentum yang bagus untuk melaksanakan Ngopi kemarin. “Ngopi memang fasilitas untuk diskusi, maka dari itu Ngopi Online kemaren memang dilakukan dengan cara brainstorming sehingga kita yang sedang belajar menjadi ahli kesehatan dapat memandang lebih jeli dan aktif dalam menemukan jawaban yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan KTR di Unand”.  Jelas Puti selaku pemandu kegiatan Ngopi.
Kegiatan Ngopi ini berlangsung dengan tertib dan menunjukkan keingintahuan dari peserta tentang tema yang diangkat. Ada beberapa dari peserta yang memberikan pertanyaan sebagai bentuk tanggapan dari materi yang disajikan. Dari panitia sendiri berharap Ngopi selanjutnya dapat lebih maksimal dan kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai bentuk evaluasi untuk kedepannya.

Noura Rizki dan Thiara Suci Budiman
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha