Yuk Kenali Istilah-istilah Saat Pandemi Covid-19


Pandemi  Covid-19 masih menjadi atensi besar bagi pemerintah dan publik. Beragam cara tengah dilakukan agar kondisi sekarang bisa semakin membaik.

Di tengah 'popularitas' Covid-19, ada beberapa istilah yang selalu berseliweran. Kadang, istilah tersebut membuat masyarakat atau orang awam bingung, karena ada beberapa yang terlalu berkaitan dengan hal teknis dalam dunia kesehatan.

Berikut ini beberapa istilah yang terkenal selama pandemi Covid-19:

1. Pandemi

Pandemi adalah penyakit yang lazim di seluruh negara, benua, atau seluruh dunia. Pandemi adalah epidemi yang telah menyebar di wilayah yang luas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara khusus menggunakan pandemi untuk merujuk pada penyakit baru yang orang tidak miliki kekebalannya dan yang telah menyebar ke seluruh dunia. WHO telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemi.

2. PPT

PPT atau Pelaku Perjalanan Negara Terjangkit adalah seseorang yang baru melakukan perjalanan dari wilayah terjangkit/ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Seseorang yang tidak bergejala memiliki risiko tertular dari kasus Covid-19 atau memiliki kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

3. OTG

OTG atau Orang Tanpa Gejala adalah seseorang yang tidak bergejala memiliki risiko tertular dari kasus Covid-19 atau memiliki kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19. OTG disarankan untuk melakukan isolasi diri di rumah.

4. ODP

Status ODP atau Orang Dalam Pemantauan diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat dari luar atau dalam negeri yang areanya terkonfirmasi ada kasus covid-19
Orang masuk dalam kriteria ODP jika mengalami gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

Seperti contohnya dalam hal ini biasanya, orang yang masuk dalam kelompok atau kategori ODP belum menunjukkan gejala sakit akibat Covid-19. Namun, jangan sepele juga perihal ini, karena faktanya untuk kasus terbaru dari Covid-19 sendiri terkadang bisa saja pasien yang terinfeksi tidak mengalami gejala dasar yang diungkapkan sebelumnya.

5. PDP

Status PDP atau Pasien Dalam Pengawasan juga bisa dikatakan memiliki indikasi atau diketahui pernah melakukan kontak secara langsung dengan pasien yang positif Covid-19. Status PDP diberikan kepada mereka yang memiliki gejala Covid-19, yang kita ketahui secara umum seperti panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan Covid-19. Sehingga, untuk hal ini disarankan orang tersebut dengan status PDP untuk menjaga jarak dengan kebanyakan orang terdekatnya untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

6. Suspect Corona

Status Suspect Corona diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfeksi dengan Covid-19. Ciri-ciri orang yang masuk pada kategori ini adalah yang sedang mengalami gejala-gejala dan juga pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif terkena Covid-19.

7. Positif

Pasien dikatakan terkonfirmasi/positif apabila seseorang positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan PCR. Tes PCR dilakukan dengan pengambilan specimen lendir menggunakan swab di hidung dantenggorokan.

Sumber: https://www.liputan6.com/bola/read/4214575/saat-pandemi-corona-covid-19-27-istilah-populer-yang-harus-dimengerti-dari-novel-sampai-viral-load

Prawinatesya

UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama