Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang Resmi Mendapatkan Akreditasi A


Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas resmi terakreditasi A pada 30 November 2019. Hal ini merupakan batu loncatan yang sangat membanggakan mengingat bahwa program studi tersebut terbilang baru jika dibandingkan dengan program studi dari fakultas lainnya yang ada di Unand. Sebelumnya Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat sudah ada sejak tahun 1967, namun masih menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran. Sejak tahun 2012 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat memisahkan diri dari Fakultas Kedokteran dan mendirikan fakultas sendiri, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi.

Mendapatkan akreditasi A bukanlah hal yang mudah. Ada persyaratan yang harus dipatuhi baik dari segi sarana dan prasarana, dosen dan tenaga kependidikan lainnya, keaktifan mahasiswa, prestasi mahasiswa, outcome yang dihasilkan oleh alumni, dan sebagainya. Ditinjau dari segi dosen pun, telah memberikan layanan bantuan yang sangat memuaskan seperti bimbingan dengan dosen Pembimbing Akademik secara rutin, dan juga bantuan serta dukungan berupa anggaran terkait lomba akademik dan non akademik bagi mahasiswa yang ingin mengikuti lomba tersebut.

Ditinjau dari segi mahasiswa, sudah banyak mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang telah mendapatkan prestasi baik tingkat universitas, kota, maupun nasional. Mahasiswa pun juga aktif melaksanakan kegiatan yang dinaungi oleh BEM KM FKM Unand serta HIMA IKM KM FKM Unand. Kegiatannya seperti melakukan bakti sosial, mengadakan lomba bertemakan kesehatan di tingkat nasional atau yang lebih sering di dengar dengan “FRESH” serta mengadakan penyuluhan-penyuluhan ke SD, SMP, atau SMA yang ada di Padang.

“ Saya senang dan bangga sekali dengan prestasi dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat karena telah berhasil mendapatkan akreditasi A. Diharapkan setelah ini memberi peluang yang lebih besar dalam segi persaingan di dunia kerja kelak nantinya.” ucap Anisa Azinar selaku salah satu mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Semoga kedepannya, Program Studi Ilmu Gizi segera mendapatkan akreditasi A untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat yang lebih baik.


Nurul Hafizah
Wartawan UKPM Pena

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama