Latihan Dasar Nilai Islam (LDNI) Mahasiswa Baru Fakultas Kesehatan Masyarakat

           Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas menggelar kegiatan Latihan Dasar Nilai Islam (LDNI) untuk mahasiswa baru angkatan 2019 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 14 hingga 15 September 2019 di ruang seminar gedung I Universitas Andalas, Limau Manis.
            LDNI merupakan bagian dari kegiatan MAKAMB (Masa Kaderisasi Mahasiswa Baru). “Tujuan diadakannya LDNI ini adalah agar mahasiswa baru mengerti dan memahami lingkungan kampus itu seperti apa, dan dapat mengamalkan materi-materi yang diberikan ustaz pada acara ini dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam kampus maupun di luar kampus,” ujar Tiara Amanda, Ketua Pelaksana acara LDNI 2019.
             Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan acara formal berupa pembacaan Alquran dilanjutkan dengan kata sambutan serta doa.Setelah acara formal berakhir, peserta diberi materi hari pertama yang berjudul "Urgensi Tarbiyah Islamiyah" oleh Ustaz Lukman Murdiansah, S.T., M.T., "Ukhuwah Islamiyah"oleh Ustaz Azka Ummah, Lc., dan "Ghozwul Fikri" oleh dr. Primananda Alfidiya Ikhsan, materi hari kedua yaitu berjudul "Strategi Sukses di Kampus" oleh Herlambang Tinasih Gusti, "Islam dan Science" oleh Dr. Mahdivan Sfafwan, dan "Konsep Diri (Peran Pemuda Islam)" oleh Ustaz Akmal Ahmad, S.Si. Selain itu, juga ada hafalan ayat surat As-Saff dan hadist nabi yang di setor ke masing-masing mentor dari peserta.
            “Kesan saya mengenai acara LDNI pada hari ini yaitu sangat bagus dan mengedukasi, saya menjadi lebih tahu tentang ilmu-ilmu agama yang sebelumnya masih kabur atau belum saya ketahui. Mungkin acara ini bisa lebih ditingkatkan di tahun mendatang dan pematerinya bisa lebih diperbanyak lagi,” ujar Adjie, Peserta LDNI tahun 2019.

(Silvi Amelia dan Nadya Putri Amara)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
___________________________________
Generasi Cakrawala

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama