Gotong Royong dan Lomba Penanaman Toga bersama UKM SAFE


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Scouting Action For Empowerment (SAFE) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) telah menyelenggarakan kegiatan gotong royong dan lomba penanaman tanaman obat keluarga (toga) dengan tema “Bersama Kita Bersihkan Lingkungan dan Tanaman Obat Untuk Mewujudkan Keluarga yang Sehat”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 April 2019 di Kelurahan Jati Bawah Buluah, Padang. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berupa gotong royong yang dilakukan pengurus SAFE dengan warga sekitar serta penyelenggaraan lomba penanaman Toga di pekarangan rumah warga.


Pelaksanaan gotong royong meliputi kegiatan membersihkan kantor lurah, pekarangan rumah warga, dan taman kantor KB. Sedangkan perlombaan toga diikuti oleh peserta dari berbagai institusi pendidikan kota Padang, seperti Akademi Keperawatan Kesdam I, Akademi Keperawatan Aisyiyah Padang, Akademi Keperawatan Baiturrahmah, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFARM) Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Ranah Minang, STIKES Yayasan Pendidikan Amanah Kesehatan (YPAK) Padang, serta dari FKM Unand sendiri. Terdapat 9 tim yang masing-masing terdiri dari 8-10 orang. Lomba yang dilakukan berupa penanaman beberapa jenis tanaman obat, dimana terdapat 20 jenis tanaman yang telah ditentukan oleh panitia. Setelah dilakukan penanaman tanaman obat, pemilik rumah tersebut menjelaskan apa saja manfaat tanaman obat yang telah ditanam. Setelah dilakukan diskusi dan penilaian oleh juri, pemenang lomba penanaman toga akhirnya diputuskan. Juara perta diraih oleh STIFARM Padang, kemudian juara kedua disusul oleh Akper Kesdam I, dan juara ketiga yaitu dari FKM Unand.


“Semenjak persiapan, warga sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini. Ada juga bapak-bapak dan ibu-ibu yang membantu membersihkan kantor lurah,” imbuh Suci Rahayu Purlida selaku ketua pelaksana kegiatan ini.
(Novrida Yanti dan Faiza Nabila Fitri)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
___________________________________
Generasi Cakrawala







1 Komentar

  1. ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
    menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
    hanya dengan minimal deposit 10.000
    untuk info lebih jelas segera di add saja Whatshapp : +8558778142
    ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama