BERITA: Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar UKPM Pena KM FKM UNAND 2024 Sukses Digelar

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) UKPM Pena KM FKM UNAND 2024 kembali digelar. Pada tahun ini, kegiatan tersebut diadakan dalam 2 hari di ruang kelas Laboratorium Lantai 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Limau Manis Padang, yaitu pada hari Minggu, tanggal 12 Mei 2024 dan hari Kamis, tanggal 23 Mei 2024. Acara pelatihan dimulai dengan sesi formal berupa pembukaan oleh master of ceremony (MC) pada pukul 08.15 WIB, kata sambutan, dan diakhiri dengan pembacaan doa.


PJTD UKPM Pena KM FKM UNAND 2024 adalah salah satu program kerja dari Divisi Human Resource Development (HRD) UKPM Pena KM FKM UNAND yang diketuai langsung oleh saudari Hafifah sebagai salah satu staff divisi HRD tersebut. Pada tahun ini, kegiatan PJTD mengusung tema "Jurnalis Muda: Memberi Suara Tanpa Batas Untuk Generasi Berkualitas" dengan tujuan meningkatkan pengetahun Wartawan Muda UKPM Pena 2024 mengenai dasar jurnalistik, teknis wawancara, dan menulis berita. Selain itu, Pimpinan Umum UKPM Pena KM FKM UNAND 2024, saudari Mazaya Aurellia Ghaisani juga menyampaikan dalam wawancaranya, bahwa kegiatan PJTD 2024 bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para wartawan muda dan pengurus UKPM Pena mengenai teknis wawancara dan menulis berita dengan harapan ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini dapat digunakan ketika turun lapangan nantinya.


“PJTD adalah kepanjangan dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Nah, dari namanya ini, kami, UKPM Pena KM FKM UNAND, berharap kegiatan ini dapat memberikan pelatihan kepada wartawan muda UKPM Pena untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang jurnalistik terutama dalam teknis wawancara dan teknik-teknik dalam menulis berita.” 


Kegiatan PJTD UKPM Pena KM FKM UNAND 2024 mendatangkan pemateri yang ahli dalam bidangnya, yaitu Redaktur Koran Harian Umum Rakyat Sumbar, Bapak Trisno Edward, S.S.. Beliau menyampaikan materi terkait dasar jurnalistik mulai dari kaidah penulisan berita, hingga teknis dalam wawancara. Kegiatan ini juga diselingi dengan pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta pelatihan terkait materi yang telah disampaikan. Salah satu peserta pelatihan, saudari Fathia Rahma Ajira, mahasiswi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas mengatakan bahwa dengan mengikuti kegiatan PJTD UKPM Pena 2024, diberikan banyak sekali informasi tentang kaidah-kaidah dasar jurnalistik, penyampaian materi sangat informatif dan seru.


“Dari kegiatan PJTD hari ini, aku mendapatkan informasi tentang kaidah-kaidah dasar jurnalistik. Contohnya, seperti apa itu wawancara, jenis-jenis berita, dan juga gimana teknik yang baik dan benar dalam mewawancara seseorang.  Kesan dan pesan aku terhadap kegiatan PJTD ini, yang pasti seru banget, yaa. Pematerinya membawakan materi yang sangat informatif dan sangat bermanfaat, apalagi untuk orang-orang yang tertarik pada bidang jurnalistik. Lalu snack yang disajikan juga enak-enak dan panitianya juga ramah-ramah.” 


Dalam persiapannya, PJTD UKPM Pena KM FKM UNAND 2024 dipersiapkan dengan baik dan matang oleh panitia. Cindy Putri Maharani sebagai koordinator acara menyampaikan bahwa meskipun dalam persiapan acara terdapat beberapa kendala, tetapi kendala tersebut masih bisa ditemukan solusinya sehingga kegiatan PJTD tahun ini dapat di hadiri oleh pengurus UKPM Pena dan umum. “Persiapan lumayan rumit ya lumayan bikin jungkat jungkit. Kendala itu pasti ada di setiap kepanitiaan, tetapi semua kendala itu alhamdulillah sekarang bisa dicarikan solusinya dan dikoordinasikan ke yang lain. Untuk sasaran dari PJTD ini yang pertama tentunya dari pengurus UKPM Pena. Selain dari pengurus UKPM Pena, PJTD terbuka untuk umum. Jadi, masyarakat umum di luar UKPM Pena bisa mengikuti juga.”

Pimpinan Umum UKPM Pena, diakhir wawancara juga menyampaikan harapan terhadap kegiatan PJTD tahun ini, Aurel berharap ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini dapat digunakan ketika meliput berita nantinya. “Diharapkan kepada teman-teman dan pengurus UKPM Pena yang telah hadir kegiatan PJTD hari ini, ketika turun lapangan nanti, para pengurus sudah paham apa yang akan mereka lakukan, baik itu cara meminta izin untuk wawancara kepada narasumber, teknis wawancara, dan menulis beritanya.”

Annisa Salsabila, Faizah Khairunnisa, Salsa Nadita, Muslimatul Husna
Generasi Arutala
UKPM Pena KM FKM UNAND



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama