BERITA : Andalas International Public Health Conference (AIPHC) ke-4 oleh FKM Unand Sukses Terlaksana



Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas mengadakan acara Andalas International Public Health Conference (AIPHC) 2023 yang dilaksanakan di Hotel Santika Premiere, Kota Padang. Acara tersebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 26-27 Oktober 2023 dengan mengusung tema "Building Resilient Nations: Translating Concept to Practice". Acara ini dilaksanakan setiap dua tahun. 


Pada tahun ini merupakan pelaksanaan yang keempat. Acara tersebut diisi dengan penyampaian hasil penelitian yang berskala internasional dari para peserta acara AIPHC 2023. Peserta kegiatan berasal dari Yaman, Irak, Thailand, Malaysia, dan juga Somalia. Pelaksanaannya dilakukan secara hybrid.


"Kita harus membuat akademik atmosfer, jadi konferensi ini bertujuan untuk sharing hasil penelitian-penelitian kita. Profesor tersebut sharing hasil penelitiannya tentang suatu topik besar yang kita bahas. Komitmen FKM Unand, yaitu mengadakan konferensi internasional setiap 2 tahun. Sebelumnya kita hanya mengadakan kongres level nasional dari 2013-2017. Kongres internasional minimal terdiri dari lima negara pembicara dari luar negeri," tutur  Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.Comm Health Sc., Ph.D., Wakil Dekan I, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas.


Selain untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu kesehatan masyarakat, konferensi ini juga sebagai branding  FKM Unand di kancah internasional, karena salah satu visinya adalah menjadi terkemuka di Asia Tenggara. Rangkaian kegiatan yang dilakukan, diantaranya diskusi panel, diskusi dari semua peneliti-peneliti. Semua peneliti boleh mendaftar, ajukan judul, ajukan abstrak. Kemudian akan diseleksi diterima atau tidak, lalu disiapkan jadwal presentasi. Sebelumnya juga ada Pre-Conference Workshop.


Tidak ada kendala berarti dalam menyelenggarakan acara ini. Hanya saja, pada pelaksanaan hari pertama seharusnya ada dua pembicara lain dari Inggris dan Thailand, tetapi saat mendekati hari-H pembicara tidak bisa, karena ada pekerjaan lain yang tidak dapat ditinggalkan. Akhirnya tidak ditemukan pengganti dalam waktu dekat.


Pada pelaksanaan berikutnya, harapan Wakil Dekan I, yaitu agar AIPHC terus dilaksanakan kontinu, komitmen pimpinan fakultas yang akan datang dan komitmen anggaran di setiap dua tahun, serta mengikutsertakan mahasiswa. Saat ini, Mahasiswa S2 diwajibkan untuk presentasi  dan sangat membantu dalam mempersiapkan ujian tesis. Kedepannya, Mahasiswa S1 juga turut melakukan presentasi, hasil-hasil PKM, hasil tugas makalah, tetapi dengan metode yang tidak sekedar men-searching saja. Kemudian menggunakan bahasa Inggris sebagai wadah pembelajaran. Selain itu, beliau juga berharap kedepannya lebih banyak jejaring kerja sama internasional lainnya.


"Penelitian tidak ada gunanya kalau tidak dipublikasikan, sebagus apapun jika hanya disimpan untuk diri sendiri, tidak ada impact-nya bagi orang lain," ucap Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.Comm Health Sc., Ph.D. 


Fitri Dini Aulia Sari dan Muhammad Gusri Kurniadi

UKPM Pena KM FKM Unand

Generasi Arunakara 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama