BERITA [Hasil Akhir Pemilu KM FKM Unand]

Sumber: instagram @bpu.kmfkmua

Hasil akhir pemungutan suara Pemilihan Umum Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tahun 2022 telah resmi diumumkan pada Kamis (24/11/22) melalui sosial media Instagram Badan Pemilihan Umum Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (BPU KM FKM Unand) yang mana pemungutan suara telah berlangsung beberapa hari lalu yang dilakukan secara e-voting pada 21 November 2021 melalui Email setiap Warga KM FKM Unand mulai dari angkatan 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022.

Sebelumnya telah dilakukan perhitungan suara secara kasar yang dilaksanakan pada hari pemungutan suara secara virtual melalui Zoom Clouds Meeting (21/11/22). Pada perhitungan kasar tersebut, suara disaring kembali mengikuti aturan dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), terkait apa saja yang telah dilakukan oleh para calon selama masa pemilu. Panwaslu menghimpun segala jenis pelanggaran yang telah dilakukan oleh masing-masing calon, kemudian ditelaah untuk dicari kebenarannya sehingga dapat dihitung kembali untuk tiap suara yang telah masuk dari masing-masing calon.

Berdasarkan wawancara bersama Ketua BPU KM FKM Unand 2022, Rezky Fauzan, beliau mengungkapkan bahwa telah terjadi beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh setiap calon,

“Pelanggaran tiap calon kebanyakan terjadi pada bagian masa cuti, yang mana setiap calon harusnya dibebastugaskan dari segala kegiatan di KM selama pemilu, namun masih ada calon yang tetap mengikuti program kerjanya, tetap menghadiri kegiatan khusus yang ada di lembaganya, bahkan ada yang memberi kata sambutan, berfoto dan lain sebagainya. Kemudian ada juga pelanggaran cuti pada masa tenang, yaitu calon mengajak tim kampanye untuk bercuti. Nah, itu adalah jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan oleh masing-masing calon” jelas Rezky.

Pelanggaran yang dilakukan oleh masing-masing calon seperti melanggar masa cuti untuk menghadiri dan melibatkan diri pada setiap kegiatan KM tersebut mempengaruhi suara yang telah dihitung sebelumnya pada Senin (21/11/22). Sehingga hasil akhir sebagai berikut:

Calon Gubernur

-        Calon nomor urut 1 : 133

-        Calon nomor urut 2 : 285

-        Calon nomor urut 3 : 172

Calon Ketua HIMA IKM

-        Calon nomor urut 1 : 319

Calon Ketua HIMA Gizi

-        Calon nomor urut 1 : 131

Pemilihan umum KM FKM Unand 2022 berjalan lancar sesuai rencana yang telah direncanakan oleh Panitia BPU KM FKM Unand. Rezky menyebutkan, bahwa kendala yang terjadi selama pemilu hanya terkait cuaca yang tak menentu dan waktu yang singkat.

Pemungutan suara yang dilakukan secara hybrid pada tahun ini dari BPU KM FKM Unand berkemungkinan akan dilakukan secara offline pada tahun depan, hal ini tentu menjadi harapan seluruh warga KM untuk merasakan Pemilihan Raya Mahasiswa secara langsung dengan memberikan suara dengan bertatap muka.

“Harapan saya tentu Pemilu dapat dilakukan secara full offline untuk tahun depan, karena dengan begitu maka akan lebih terasa kemeriahan dari Pemira ini” ungkap Rezky terkait mekanisme pelaksanaan Pemilu 2023.

Juliza Nurul Alifa

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama