MADING 35


TEMA: PAHLAWAN

POJOK QUOTES 

Hadir tidak untuk menjadi, melindungi tidak dari permintaan, berjuang tidak karena dipanggil, pahlawan pejuang dengan intuisi dan pemikiran luas membawa pada kemenangan yang abadi, selalu tertanam dalam hati dan pikiran bangsa.

Yori Aprila


POJOK INFO

 Pahlawan di tengah Pandemi Covud-19

          Para tenaga medis telah berusaha dengan maksimal demi menolong pasien yang terpapar virus Corona. Tanpa mengenal lelah dan waktu, mereka mencurahkan seluruh tenaga yang dimiliki demi menyelamatkan jutaan nyawa. Namun, ternyata ada pahlawan lain yang juga berjuang selama pandemi Covid-19. Tidak hanya petugas medis saja, orang-orang di sekitar kita juga berperan dalam menanggulangi resiko yang timbul dari Covid-19. Siapakah mereka?

1. Kurir Ekspedisi

Kurir ekspedisi adalah salah satu pahlawan yang berperan dalam mengurangi resiko Covid-19. Layaknya petugas medis, para kurir juga bekerja penuh untuk mengantar barang sampai ke tujuan. Pandemi membuat banyak orang enggan melakukan aktivitas di luar rumah, sehingga proses jual beli dilakukan dengan daring. Kurir ekspedisi juga berperan dalam pendistribusian alat kesehatan dan bantuan sosial. 

2. Pengajar/Guru

Saat ini sistem pembelajaran di Indonesia masih dilakukan secara daring selama adanya pandemi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru, mereka harus menyampaikan materi dengan jelas tanpa bertatap muka langsung dengan siswa. Belum lagi koneksi internet yang kadang terputus membuat sistem belajar online menjadi terhambat. 

3. Pengusaha UMKM

Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya selama 6 bulan terakhir, yang tentunya berdampak terhadap turunnya daya beli masyarakat. Pengusaha UMKM berjuang mati-matian agar usahanya nggak gulung tikar. Mereka juga ingin mempertahankan pegawainya supaya bisa tetap bekerja. Perjuangan yang mereka lakukan dimulai dari memberi diskon setengah harga serta berjualan di pinggir jalan untuk memperoleh omzet.

4. Relawan

Jumlah tenaga medis berbanding terbalik dengan jumlah pasien yang dirawat. Dokter serta petugas kesehatan lainnya harus bekerja 24 jam hingga rela meninggalkan keluarga di rumah. Banyak dari mereka yang gugur karena kelelahan, bahkan tertular virus saat menangani pasien. Beruntungnya, ada relawan yang siap menjadi garda pelindung disaat tenaga medis mulai kewalahan. Tidak hanya sebagai relawan medis, tetapi juga non medis seperti melakukan penyuluhan dan menyalurkan bantuan sosial.

5. Diri Kamu Sendiri

Iya, kamu. Kamu telah menjadi pahlawan bagi orang-orang di sekitar. Menerapkan protokol kesehatan, memberi support bagi pasien yang terpapar supaya tetap semangat, ikut penggalangan dana, membeli produk UMKM agar roda perekonomian terus berputar, menahan bosan di rumah padahal pengen liburan, belajar di waktu senggang meskipun saat ini semua dilakukan secara online. You are the hero! 

          Wabah Covid-19 memang belum berhenti sampai saat ini. Yang harus terus kita lakukan adalah menerapkan social distancing, menjaga kesehatan dan mendoakan mereka yang masih beraktivitas di luar rumah agar tetap sehat. Yuk, jadi pahlawan untuk diri sendiri dan orang lain!


Sumber:

https://www.ruangguru.com/blog/selain-dokter-siapakah-pahlawan-di-masa-pandemi-covid19

https://www.alinea.id/nasional/cerita-pahlawan-di-era-pandemi-covid-19-b1ZWK9yyd

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/28/101731965/pahlawan-pahlawan-di-tengah-pandemi?page=all

Inda Putri Yani


POJOK TIPS

 7 Cara Jadi Pahlawan Masa Kini

1. Menjadi Manusia yang Tertib

Kamu bisa memulai dari tertib untuk antre, tidak menerobos lalu lintas, mentaati peraturan umum, menjaga fasilias umum dan tidak merusaknya serta tidak melakukan kekacauan maupun keanarkisan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bahaya bagi orang lain. Mudah bukan?

2. Ikut Kegiatan Sosial

Dengan mengikuti kegiatan sosial kamu juga bisa menjadi pahlawan bagi orang lain. Banyak kegiatan sosial yang dapat dilakukan seperti abdi desa, donasi bencana alam, ikut membersihkan lingkungan sekitar, maupun jasa mengajar dengan sukarela. 

3. Mencintai Produk Lokal

Padahal banyak lho produk-produk lokal yang bisa kamu beli untuk tetap eksis dan percaya diri. Selain membantu produksi produk dalam negeri, kamu udah bisa belajar untuk mencintai produk buatan negeri.

4. Melestarikan Budaya Bangsa

Dengan memperkenalkan dan menjaga budaya bangsa kamu termasuk orang yang sudah melestarikan budaya bangsa dan menjadi pahlawan di masa kini.

5. Berprestasi

Kalau kamu memiliki kemampuan dan bakat lebih, kamu bisa mengkuti beberapa ajang di kancah internasional. Dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki, kamu sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

6.Jujur

Kejujuran adalah kunci! Dengan berprilaku jujur, kamu bisa menjadi pahlawan yang akan membawa dampak besar bagi sekitar bahkan negara.

7.Tidak muda terprovokasi

Zaman modern dan digital memang memudahkan masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan informasi dengan mudah. Eitss tapi pastikan kamu tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang belum terjamin kebenaran dan akrebilitas sumbernya. Pastikan kamu menjadi kaum digital yang tidak mudah terprovokasi. Mudah bukan menjadi pahlawan masa kini?


Sumber:

https://www.ciputralife.com/blog/cara-sederhana-jadi-pahlawan-masa-kini

Shabrina Erika


POJOK SASTRA

 Garda Pandemi

Bukan ini pintamu

tetapi keadaan memaksamamu

Engkau bekerja siang dan malam

Menyimpan lelah mendalam

Engkau relakan waktu berkumpul dengan buah hati

Demi menyelamatkan raga yang bahkan tak kau kenali

Banyak dari engkau yang gugur

Akan tetapi semangatmu tak pernah luntur

Engkau sadar peranmu

Bahwa gardanya ada di tanganmu

Rahmad Fadhil Caesario


POJOK HUMOR

 


Sumber:

https://id.pinterest.com/pin/683210205947531902/ 

Asa Alvino Wendra



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama