Mengenal Honey Yahdillah, Mahasiswi FKM Unand Peraih Beasiswa Program Global Ugrad 2021


Sabtu, 21 Agustus 2021 –  Salah satu yang menjadi motivasi para pelajar ialah mendapatkan beasiswa dan berkuliah di kampus impian. Meskipun pada kondisi Covid-19 saat ini, tidak memudarkan semangat juang pelajar untuk mengembangkan pendidikan. Salah satunya Honey Yahdillah, mahasiswi semester VII di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas yang berhasil lulus pada seleksi Program Global Ugrad dari Pemerintah Amerika Serikat dan bekerja sama dengan Kementrian Ristekdikti Republik Indonesia. Honey lulus bersama empat peserta lainnya yang berasal dari Kalimantan (1 orang), Sulawesi (2 orang), dan Maluku (1 orang).

Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan suami isteri Simon dan Ivenny Hakim yang berdomisili di Malana, Nagari Baringin Lima Kaum ini, terhitung sudah dua minggu menimba ilmu di Troy University, Alabama, Amerika Serikat.

“Sebagai mahasiswa kami diwajibkan untuk mengambil minimal 12 SKS (4 mata kuliah) dengan maksimal 16 SKS dan akan belajar bersama dengan mahasiswa international lainnya, termasuk mahasiswa regular dari US.” Ungkap Honey kepada Wartawan UKPM Pena Bem KM FKM Unand. (15/8)

Tidak hanya dibidang akademik, Honey difasilitasi dengan orientasi kampus, campus tour, acara pergelaran, dan pengenalan club sehingga dapat mengembangkan keterampilan dan potensi diri saat melaksanakan studi di Troy University.

“Terdapat beberapa syarat pendaftaran yang harus dilakukan sebelum mendapatkan keputusan lulus program ini, di antaranya skor Toefl minimal 500, dua surat rekomendasi (baik akademik, maupun non-akademik,) dan esai yang nantinya akan diisi pada form online yang telah disediakan. Diakhir nantinya akan dipilih lima finalis dan satu orang alternate.” Jelas Honey.

Dalam menjalani alur beasiswa tersebut, Honey mendapatkan dukungan penuh dari pihak kampus serta difasilitasi oleh pihak Global Ugrad dari Fullbright Program (Beasiswa Unggulan Pemerintas AS), “Kampus menanggapi dengan baik dan responnya juga bagus,” imbuh Honey.

Honey juga menjelaskan mengenai perkuliahannya di FKM Unand yang seiringan dengan studinya di Troy University, “Karena sudah semester VII dan KKN sudah selesai. Semester ini tinggal mengambil mata kuliah KKN dan skripsi,” jelasnya, “Selama di sini mungkin bimbingan (jarak jauh) dan Kepaniteraan di semester  VIII.” Sambung Honey.

“Pertama itu adalah minat ke bahasa Inggris untuk digiatkan lagi karena (hal) itu penting.” Honey juga menambahkan, “Usaha dan tawakal, jangan cepat putus asa,” sebagai motivasi yang diberikan olehnya agar mahasiswa/i selalu semangat dalam meraih cita-cita.

Putri Aulia Azzahra dan Kartika Putri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Genarasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama