MADING 28

 

TEMA: LINGKUNGAN

·      POJOK QUOTES

 Rawatlah lingkungan, maka lingkungan akan merawat kita

Karena sekecil apapun yang kamu lakukan hari ini,

Akan berdampak besar di kemudian hari.

Dela Desmita Sari

 

·      POJOK INFO

 Film Kece Isu Lingkungan

Dunia yang makin tua ini memerlukan tangan-tangan penolong untuk menjaga keberadaan dan kelestariannya. Kerusakan lingkungan yang makin menjadi memberikan kekhawatiran berlebihan pada masyarakat, termasuk penulis dan sutradara film. Mereka mengangkat isu lingkungan kedalam sebuah film sebagai bentuk kepedulian mereka akan bumi ini, kali ini penulis akan merekomendasikan kepada Sobat PENA terkait film yang wajib banget ditonton untuk meningkatkan rasa kepedulian kita.

1.   Pulau Plastik

Film buah tangan Viciema Pictures ini menyajikan cerita tentang tiga individu yang berjuang melawan polusi akibat penggunaan plastik sekali pakai di Bali dan menjelajah fakta-fakta yang berada dibalik membanjirnya sampah plastic hingga berakhir di tempat pembuangan, laut dan juga di dalam makanan kita. Serem banget ga sih?

2.   A Plastic Ocean

Dengan slogan “We Need A Wave Of Chance”, film ini mengungkap tentang permasalahan sampah plastic yang begitu banyak masuk ke dalam lautan. Cerita dimulai dari Craig Lesson yang mencari paus biru. Pada proses pencarian ini, Craig Lesson dikejutkan dengan penemuan sampah platik yang mengambang di lautan. Niatnya ke laut mau ketemu paus, eh ketemu sampah, Miris kan Sobat PENA?

3.   Before The Flood

Karya National Geografic yang satu ini Sobat PENA, menceritakan tentang Leonardo DiCaprio sebagai messenger of peace mengenai perubahan iklim. Selama perjalananya, DiCaprio mengunjungi beberapa wilayah, bertemu dengan para ahli, ilmuan, politikus, aktivis dan orang-orang yang mempunyai peran dalam penanggulangan perubahan iklim. Film ini juga memberikan gambaran tentang individu, media, dan kelompok yang tidak percaya dengan pemanasan global.

4.   How To Change The World

Sobat PENA tau ga, film ini membawa slogan “The Revolution Will Not Be Recognized”, Film ini menjadi pengawal kisah kelahiran sebuah oragnisasi lingkungan global, yang saat in dikenal sebagai Greenpeace. Dalam ceritanya, tayangan ini menampilkan tentang kelompok aktivis dari Vancouver, Kanada, yang berusaha menghentikan uji coba bom atom di Alaska.

   Sobat PENA udah nonton yang mana aja nih? Kalau belum yuk sama-sama buka aplikasi nontonnya dan meluncur ke judul film di atas. Sebagai mahasiswa sudah menjadi tanggungjawab kita menjaga kelestarian lingkungan dan ikut mengkampanyekan hal baik ini, sobat PENA bisa bantu menjaga bumi dimulai dari diri sendiri.

 

Sumber :

Koproliklim & Berbagai Sumber

Rezky Fauzan

·      POJOK TIPS

 Tindakan Sederhana Peduli Lingkungan

1.    Selalu hemat listrik

Seringkali kita mengira bahwa listrik yang digunakan di rumah bebas digunakan sesuai kehendak, toh yang bayar listrik adalah kita sendiri. Padahal, ini bukan hanya soal kemampuan membayar. Ini tentang pentingnya menghemat listrik dan menghemat energi sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar yang menimbulkan pencemaran. Jadi, mulailah mematikan lampu atau peralatan elektronik lainnya bila tak digunakan.

2.    Jangan membakar sampah

Membakar  dapat mengeluarkan karbon ke dalam atmosfer. Apalagi bila membakar sampah plastik, bahayanya tentu pada kesehatan. Membakar rokok juga tak kalah bahayanya bagi lingkungan.

3.    Gunakan air secukupnya

Semakin sedikit air yang digunakan, semakin sedikit pula limpasan dan limbah yang akhirnya berakhir di lautan. 

4.    Tidak membuang sesuatu yang dapat didaur ulang

Pastikan tidak membuang sesuatu yang dapat didaur ulang, seperti kaleng, aluminium, kertas, beberapa jenis plastik dan lainnya. Benda-benda tersebut dapat dikreasi agar tidak selalu menjadi beban di TPA dan sebagian lagi punya harga dan dapat di tabung di bank sampah.

5.    Hindari pembelian barang berbahan styrofoam

Hindari membeli sesuatu berbahan styrofoam atau yang dibungkus styrofoam. Jika bahan ini terurai atau dibakar akan mengeluarkan gas yang tidak nampak yang menimbulkan dampak Gas Rumah Kaca.

6.    Menanam tanaman sebanyak mungkin

Menanam tanaman sebanyak mungkin di halaman rumah atau di kebun merupakan aksi baik yang berdampak positif bagi lingkungan. Mengapa? Tanaman yang banyak akan mengurangi jumlah karbon dioksida dalam atmosfer dan dapat menambah oksigen. Ketahuilah bahwa karbon dioksida yang terlampau banyak dalam atmosfer akan membentuk dampak rumah kaca yang dapat mengubah cuaca.

7.    Selalu ingat bawa tas belanja

Membawa tas belanja   setiap waktu merupakan cara terbaik untuk diet plastik. Bila aksi sederhana ini dilakukan ratusan atau bahkan jutaan orang, tentu akan ada pengurangan timbulan sampah plastik sehingga bahayanya dapat dicegat.

 

Sumber :

https://klikhijau.com/read/peduli-lingkungan-bisa-dimulai-dari-10-tindakan-sederhana-ini/

https://nationalgeographic.grid.id/read/132082811/15-cara-sederhana-yang-bisa-dilakukan-untuk-menjaga-kelestarian-bumi?page=all

Inda Putri Yani

 

·      POJOK SASTRA

 Ke Padang membeli rendang

Ke pasar membeli gorengan

Suasana hijau mata memandang

Keasrian ini membawa ketenangan

Tasya Rivia

·      POJOK HUMOR

 Preman Cinta Lingkungan

Ada sebuah cerita lucu tentang preman pasar yang bertampang sangar dan berbadan kekar. Di badannya terdapat banyak tato. Salah satu tato itu berupa tulisan berhuruf kapital dan berukuran besar yang dapat dilihat di lengan kanan dan kirinya saat ia mengenakan kaos tanpa lengan. Tato di lengan kanannya bertuliskan JAGAL dan di lengan kirinya bertuliskan PASAR. Jika melihat tato itu, dijamin setiap orang akan merasa takut kepadanya. Namun, rasa takut itu akan berubah menjadi rasa geli jika kaos si preman dilepas. Ternyata, ada bagian tulisan yang tertutup oleh kaos tanpa lengan itu. Tato itu tak lain merupakan sebuah kalimat bernada himbauan, yaitu JAGALAH KEBERSIHAN PASAR.

 

Sumber:

https://pusatbahasaalazhar.com/humor-humor/preman-cinta-lingkungan/

Yona Oktaviona Tri Putri

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama