INFOGRAFIS

 

Saat ini, berbagai macam karya sastra semakin diminati oleh orang banyak. Untuk mengisi waktu liburan, banyak orang memilih untuk menikmati karya sastra, seperti membaca syair, membaca novel, membuat puisi, dan lain-lain. Ternyata, ada beberapa keistimewaan dari karya sastra, diantaranya :

1.         Menyajikan Realitas Sosial dengan Bumbu-Bumbu Imajinasi Kreatif

            Sastra ditulis dengan kelembutan hati serta kejujuran, dengan ide-ide brilian dan terdapat amanat di dalamnya, sehingga kehadiran karya sastra menyumbang hal-hal yang berharga dan membawa manfaat bagi masyarakat.

2.         Berperan Menyempurnakan Kebutuhan Manusia yang Beradab dan Berbudaya

            Kehadiran sastra akan lebih berperan dalam rangka melengkapi, mengutuhkan, dan menyempurnakan kebutuhan manusia.

3.         Sarana Merupakan Wahana Ekspresi Bagi Bahasa

            Karya sastra pada umumnya menggunakan bahasa, karya sastra merupakan sebuah pengungkapan dari apa yang disaksikan dan dirasakan oleh manusia, kemudian dituangkan dalam bentuk bahasa.

4.         Sastra Menuntut Kita Untuk Berbahasa yang Baik dan Benar

            Agar karya sastra yang kita buat bisa dinikmati oleh banyak orang, maka bahasa yang digunakan juga harus sesuai dengan adab dan budaya manusia. Gunakan bahasa yang baik agar karya sastra kita diminati oleh banyak orang.

 

 

 

5.         Sastra Memiliki Banyak Bagian yang Berbeda-Beda (Puisi, Gurindam, Syair, dan     lain-lain)

            Karena sastra memiliki banyak bagian di dalamnya, hendaknya kita mencari tahu lebih      lanjut persamaan dan perbedaan dari karya sastra tersebut agar tidak salah langkah ketika hendak mencoba menciptakan karya sastra.

Salshabila Nadya

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama