MADING 21


TEMA: PERTAHANAN

 

·      POJOK QUOTES

 Rasa bangga menjadi bangsa dari negara yang kaya dan luas Indonesia ini, tapi banyak bahaya yang mengancam pertahanan kita. Persatuan seluruh bangsa Indonesia adalah tameng terkuat untuk pertahanan Indonesia.

Yori Aprila

 

·      POJOK INFO

 Usus Bekerja sebagai Penjaga Gerbang Pertahanan  Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem kompleks yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh terhadap penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Melalui serangkaian langkah yang disebut respon kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh akan menyerang berbagai antigen (benda asing yang masuk ke dalam tubuh) untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Antigen ini bisa berupa mikroba seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur. Bahkan jaringan tubuh orang lain yang masuk ke dalam tubuh–seperti saat melakukan transplantasi organ tubuh– bisa saja dianggap sebagai benda asing oleh sistem imun Anda sehingga menyebabkan reaksi penolakan tubuh.

Kunci utama sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah saat sistem ini mampu membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, apabila ada suatu benda asing yang tidak dikenali masuk ke dalam tubuh, maka sistem ini akan melakukan proses pertahanan diri.

Bagian terbesar dari sistem imun manusia ada di saluran pencernaan atau usus. Menurut dr. Kathraine Woessner, dokter spesialis alergi, asma, dan imunologi, saluran cerna merupakan bagian dari sistem imun yang bekerja paling keras. Bagian ini juga terus menerus membedakan bakteri baik dan buruk untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Dari sebuah jurnal kesehatan, mengenai kaitan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh oleh Vighi et al. (2008) yang dimuat pada British Society for Immunology, diketahui bahwa sel kekebalan tubuh alami hidup pada saluran pencernaan yang sehat, dan mewakili hampir 70% dari seluruh sistem kekebalan tubuh. Apabila saluran cerna sehat, perut terasa nyaman. Penyerapan nutrisi akan berlangsung dengan semestinya, metabolisme lancar, tubuh mendapat perlindungan, serta suasana hati akan terjaga.

Saluran cerna yang sehat sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh yang baik. Kondisi saluran cerna akan mendukung sistem kekebalan tubuh yang baik. Pencernaan yang baik juga harus didukung asupan gizi yang kaya akan serat.

 

Sumber :

https://www.enervon.co.id/article/165/5-fakta-tentang-sistem-kekebalan-tubuh-yang-perlu-diketahui/

Lis Natahdiya Laulaa

 

·      POJOK TIPS

 Tips Efektif Mempertahankan Imun Tubuh

agar Tidak Mudah Terpapar Virus Covid – 19

1.    Perbanyak makan buah dan sayur

Sayur dan buah nengandung vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Perbanyak konsumsi buah dan sayur akan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral sehingga imun tubuh pun kian baik.

2.    Hindari stres

Stres yang tidak terkendaliu dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Maka dari itu stres haruslah dikelola dengan baik

3.    Rutin berolahraga

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Terdapat berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan, yang termudah adalah jalan kaki.

4.    Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia tubuh. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

5.    Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebihan dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

6.    Konsumsi multivitamin

Konsumsi multivitamin dapat memenuhi kekuranah vitamin dari makanan yang dikonsumsi sehingga dapat meningkatkan imun tubuh

Sumber :

https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit

Shabrina Erika

 

·      POJOK SASTRA

 Pertahanan yang Sia-Sia

Tau tidak betapa sulitnya mempertahankan?

Kepercayaan yang amat bulat

Namun dihancurkan dengan sangat brutal

Awalnya sempat tidak percaya

Menganggap semuanya hanyalah candaan

Namun semuanya sirna ketika satu persatu bukti terkuak

Apalah daya, hati yang hancur berkeping-keping

Membuat pertahanan akan kepercayaan bahwa kau yang terbaik jadi hilang seketika

Tahu tidak mengumpulkan keberanian menjauh tidaklah mudah

Menjauh bukan untuk membenci

Tetapi menjauh untuk menghindari rasa sakit hati

Sabilla Hanifa

·      POJOK HUMOR

 Gus Dur dan Tentara AL

Gus Dur adalah pemimpin bangsa yang menggagas lahirnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (dulu Departemen Kelautan dan Perikanan). Alasan Gus Dur sederhana, dua pertiga wilayah RI adalah laut. Dan dalam sejarah, bangsa Nusantara adalah bangsa maritim.

Benteng utama pertahanan laut Indonesia dilakukan oleh TNI AL dengan Marinir sebagai pasukan elitnya. Suatu ketika dalam suasana santai, Presiden Gus Dur berbincang ringan dengan ajudannya yang lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL). Karena dikenal sebagai sosok egaliter, Gus Dur tak sungkan berbincang dengan siapa pun.

Alasan itulah yang membuat orang-orang dekatnya juga tak segan meski Gus Dur adalah seorang Presiden. “Gus, salah satu negara di Amerika Latin, yaitu Paraguay nggak punya laut, kok punya Angkatan Laut?” tanya Ajudan.   “Sama seperti saya, punya Ajudan, tetapi saya bukan seperti Presiden. Lah, kamu manggil saya Gus,” ujar Gus Dur sambil terkekeh dalam hati. “Siap Pak Presiden!” sontak Ajudan langsung sadar dan memberi hormat. “Ndak apa-apa, saya cuma ngetes seberapa besar selera humor seorang tentara,” lontar Gus Dur dengan tawanya yang khas, sedangkan Ajudan hanya bisa menahan tawa karena sudah terlanjur hormat.

 

Sumber:

https://www.nu.or.id/post/read/120941/kumpulan-humor-gus-dur-tentang-polisi-dan-tentara

Nola Vita Sari

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama