MADING 20

 

TEMA: BIMBANG


POJOK QUOTES 

 Sudah seharusnya kaki ini melangkah jauh dari lingkaran setan yang berkepanjangan ini. Namun raga seperti tak ingin menggerakkan badannya. Apalah daya ketika otak dan hati

tak dapat berkompromi. Sakit di hati ditanggung sendiri.

Najwa Syiba Hansyaf

POJOK INFO

      Alasan Pemerintah Bimbang Melakukan Lockdown: Biaya Lockdown Satu Daerah Bisa Capai Rp550 Miliar/Hari

   Belakangan Covid terus  melonjak di Indonesia membuat pemerintah bimbang untuk melakukan lockdown atau tidak. Sebenarnya pemerintah bisa saja melakukan lockdown, namun dengan beberapa pertimbangan yang membuat pemerintah akhirnya belum menerapkan hal tersebut. 

      Menurut pernyataan Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, jika memberlakukan karantina wilayah secara total atau lockdown nasional, pemerintah harus menyiapkan anggaran yang tidak sedikit. Dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 22 Juni 2021, Ibrahim mengatakan bahwa apabila dalam kondisi saat ini dilakukan lockdown, pemerintah harus menghitung ulang estimasi biaya yang dibutuhkan jika satu wilayah memutuskan untuk lockdown.

    Ibrahim mencontohkan, seperti DKI Jakarta. Dia mangatakan bahwa biaya untuk mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat Ibu Kota jika diberlakukan lockdown bisa mencapai Rp550 miliar per hari. Jika satu bulan, maka pemerintah harus menyiapkan anggaran sebesar Rp16,5 triliun. Sedangkan Pulau Jawa hampir semua zona merah. Berapa pemerintah harus menganggarkan dana yang begitu besar. Apalagi utang pemerintah saat ini sudah cukup besar, yaitu di atas Rp6.000 triliun. Ini yang menjadi persoalan utama mengapa pemerintah tidak melakukan lockdown. 

    Di samping kebimbangan terkait lockdown, pemerintah saat ini memilih melakukan PPKM Mikro tahap kesembilan yang berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 Juni hingga 28 Juni 2021. PPKM Mikro diperpanjang di 34 provinsi, di samping upaya percepatan vaksinasi agar bisa menekan angka kasus infeksi covid-19 dan bisa terus mendorong pemulihan ekonomi. 

PPKM Mikropoin, mulai dari mewajibkan para pekerja bekerja dari rumah (work from home) sebanyak 75 persen untuk zona merah, dan 50 persen untuk di luar zona merah. Selain itu, para pelajar wajib melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring untuk zona merah, dan daerah lainnya mengikuti aturan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Bagi kegiatan sektor esensial seperti pelayanan dasar publik dan tempat kebutuhan pokok bisa berjalan dengan kapasitas 100 persen. Sementara untuk restoran, kafe, pedagang kaki lima, lapak di pasar, dan pusat perbelanjaan memiliki kapasitas pengunjung 25 persen dengan jam operasional hanya sampai pukul 20.00 waktu setempat.

Untuk kegiatan di mal, pasar, dan pusat perdagangan maksimal sampai pukul 20.00 waktu setempat dan pembatasan pengunjung 25 persen dari kapasitas. Selanjutnya, taman umum dan area publik lainnya di zona merah ditutup sementara, untuk zona lainnya dibuka dengan kapasitas 25 persen.

Kemudian proyek konstruksi dapat beroperasi dengan protokol kesehatan. Selain itu, kegiatan di tempat ibadah di zona merah ditiadakan. Kegiatan Hari Raya Idul Adha akan dikeluarkan surat edaran tersendiri, termasuk kegiatan penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya.


Sumber :

https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/0KvgV8rN-wajar-pemerintah-bimbang-biaya-lockdown-satu-daerah-bisa-capai-rp550-miliar-hari

Noviana Sinta Dewi. S


POJOK TIPS


 Cara Mengambil Keputusan saat Bimbang

Diriwayatkan dari Abi Muhammad al-Hasan ibn Ali ibn Abi Thalib semoga Allah menridhai mereka berdua- ia berkata: aku hafal dari Rasulullah salallahualaihi wasallam, Tinggalkan apa meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu.' 

Hadis di atas mendorong umat muslim agar saat ragu-ragu mengambil keputusan, semuanya hendaknya dikembalikan pada pertimbangan dalam hukum Islam. Ragu-ragu memang banyak sumbernya. Ada ragu-ragu hendak memakan sesuatu sebab belum tahu apa hukum memakan sesuatu tersebut. Seperti memakan daging anjing laut yang kadang masih ada yang kebingungan. Ada ragu-ragu hendak memakan sesuatu sebab tidak jelas asal-usul sesuatu tersebut. Sampai, ragu-ragu antara memilih dua makanan yang keduanya jelas kehalalannya. Sebenarnya Islam sudah jelas mengatur mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Tapi, memang kadang ada hal-hal yang seakan tidak begitu jelas status boleh tidaknya. Hal ini disebabkan salah satunya seperti karena si pelaku belum mengetahui hukum apa yang hendak dilakukannya.

Sumber:

https://islami.co/ketika-ragu-dan-bimbang-ini-yang-dianjurkan-rasulullah/ 

Angela Fortuna Sekarini


POJOK SASTRA

 Mengarah ke timur atau ke barat. Memilih yang putih atau hitam. Mempertahankan yang sudah ada. Atau meninggalkannya untuk memulai yang baru. Terlalu banyak pertimbangan sekarang membuat ku bimbang. Tapi tak apa, akan ku selesaikan kebimbangan ini segera dan memilih pilihan yang paling tepat. 

Annisa Nurul Habibah


POJOK HUMOR

Bimbang

Ada seorang suami yang di dompetnya terdapat foto istrinya. Teman-temannya memuji dia sebagai suami yang ideal. Salah seorang temannya bertanya apa gunanya membawa foto istri. Dia menjawab, kalau aku punya persoalan di kantor aku selalu memandang foto tersebut, dan persoalan itu hilang.

Wah, alangkah berbahagianya kamu mempunyai istri seperti itu, bagaimana bisa begitu? tanya temannya. Ia lalu menjawab, Ya, kalau saya melihat foto istri saya, semua persoalan apapun di kantor, menjadi tidak ada apa-apanya dibandingkan persoalan dengan dia.

Sumber:

https://www.kozio.com/cerita-lucu/ 

Ghefira Vania Saldha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama