Menjadi Jurnalis Muda melalui Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Tahun 2021

 

Gambar 1. Penyampaian Materi Kedua oleh Bapak Dony Putro Herwanto

Minggu, (28/03/21), Human Recouse Development UKPM Pena BEM KM FKM Unand mengadakan acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2021. Acara ini berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 16.13 WIB yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan mengusung tema “Grow Up Your Writing Skill and Be The Best Journalist”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand, serta dihadiri pula oleh perwakilan dari setiap lembaga Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas seperti BEM KM FKM Unand, HIMA IKM KM FKM Unand, HIMA Gizi KM FKM Unand, UKM SAFE BEM KM FKM Unand, dan UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand.

Acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2021 dibuka dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu Dea Ayu Putri, pembacaan Al-Qur’an oleh Rizki Rahmadi, kata sambutan ketua DPP UKPM Pena BEM KM FKM Unad oleh Valda Yasmina Putri, kata sambutan Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand oleh Kartika Putri, kata sambutan Gubernur KM FKM Unand oleh Muhammad Alfarezi, kata sambutan Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand oleh Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M., pembacaan doa, dan dilanjutkan dengan kegiatan non-formal. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Christison Sondang Pane selaku Koordinator Divisi Organisasi Aliansi Jurnalis Independen Medan. Kegiatan berlangsung hingga sesi  diskusi tanya jawab antara partisipan dengan pemateri. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Dony Putro Herwanto selaku wartawan senior di DAAI TV. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba video oleh Sonia Asyrifa Tanjung, dan info penugasan PJTD oleh Zelfy Rahlifa Yurisa, serta penutupan oleh MC.

Menurut Zelfy Rahlifa Yurisa, selaku ketua pelaksana PJTD UKPM Pena BEM KM FKM Unand Tahun 2021, mereka mengusung tema tersebut dikarenakan seperti nama kegiatan ini yaitu pelatihan jurnalistik yang bertujuan meningkatkan skill dan pengetahuan teman-teman pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Kata “grow up” diangkat karena ingin membantu teman-teman pengurus dari yang sudah tahu mengenai jurnalistik menjadi lebih tau dan kata “be the best journalist” karena sesuai dengan materi yang akan dibahas yaitu bagaimana menjadi jurnalis yang baik, menulis berita dengan baik dan benar, SOP penulisan berita, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini memiliki waktu persiapan yang cukup singkat, karena hanya berjarak seminggu setelah dilaksanakannya upgrading. Meskipun sempat mengalami permasalahan mengenai kepanitiaan, tapi acara tetap dapat berjalan lancar.

“Ada sedikit kendala mengenai perizinan, karena adanya sedikit kesalahpahaman antara UKPM Pena BEM KM FKM Unand dengan Wakil Dekan III. Meskipun demikian, kesalahpahaman tersebut dapat diselesaikan dan akhirnya acara PJTD ini mendapat izin untuk dilaksanakan.” Ujar Zelfy Rahlifa Yurisa selaku ketua pelaksana PJTD UKPM Pena BEM KM FKM Unand Tahun 2021.

“Tidak ada alasan khusus dalam memilih pemateri, kami pihak panitia berusaha mendapatkan pemateri yang benar-benar handal di bidang ini sehingga dapat membantu meningkatkan bakat teman-teman.” Ujar Zelfy.

Harapan untuk pengurus UKPM Pena setelah diadakannya acara ini yaitu, semoga outcome dan output-nya bisa diterapkan d idalam kepengurusan, serta ilmu-ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan dengan baik.

“Kalau untuk kesannya, acara PJTD tahun ini luar biasa sekali karena diisi oleh pemateri yang keren dan juga sharing hearing bersama pemateri sangat seru dan bermanfaat. Kalau untuk pesannya, semoga acara PJTD ke depannya dapat mendatangkan pemateri yang sama atau bahkan lebih bagus lagi sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan teman–teman.” Tutup Zelfy.

Tiara Annisa Gyatri dan Saffanah Muthi’

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama