PENA EXPO 2020 : READING AND WRITING CAN TRAVEL THE WORLD

 

UKPM Pena BEM KM FKM Unand menyelenggarakan acara Pena Expo 2020 dengan mengangkat tema "Reading and Writing Can Travel The World". Pena Expo 2020 pada tahun ini memiliki dua rangkaian acara yaitu Lomba Jurnalistik dan Seminar Kepenulisan. Kedua acara tersebut diselenggarakan dalam satu hari pada Minggu, 27 September 2020 pukul 07.30-10.35 WIB diikuti oleh 92 peserta dari berbagai Universitas dan Lembaga Pers Mahasiswa di Sumatera Barat. Acara ini dilaksanakan dengan menggunakan Aplikasi Zoom, dikarenakan kondisi saat ini Pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk bertatap muka seperti biasanya.

Gambar 1. Suasana acara Pena Expo 2020

Acara pertama sebelum rangkaian acara Pena Expo 2020 dilaksanakan adalah pembukaan.  Gubernur KM FKM Unand membuka secara resmi acara Pena Expo 2020. Setelah pembukaan,  acara dimulai dengan Seminar Kepenulisan bertemakan "Write Your Spirit To Break The Limit" yang dimoderatori oleh salah satu mahasiswa FKM Unand yaitu Emeliya Novita. Pembicara Seminar Kepenulisan pada Pena Expo 2020 adalah Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M. selaku salah satu dosen muda FKM Unand. Beliau menjelaskan tentang "Write for Millenials", yaitu bagaimana milenial saat ini mampu menulis suatu karya dengan baik dan benar serta kiat-kiat menjadi milenial yang produktif dalam menulis. Setelah materi yang disampaikan selesai, acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator,  kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dari UKPM Pena BEM KM FKM Unand secara simbolis  kepada pembicara.

Gambar 2. Poster Seminar Kepenulisan Pena Expo 2020

Rangkaian acara berikutnya adalah pengumuman pemenang Lomba Jurnalistik dengan tema "Millenial Produktif Dengan Karya Kreatif di Era Kompetitif". Untuk diketahui,  lomba jurnalistik diperuntukkan bagi Mahasiswa/i Perguruan Tinggi tingkat Sumatra Barat, dan Siswa/i SMA/MA Sederajat tingkat kota Padang.  Lomba Jurnalistik yang diadakan untuk mahasiswa/I meliputi lomba cipta cerpen, puisi, dan essay. Sedangkan untuk tingkat SMA meliputi lomba cipta cerpen, dan puisi.  Setelah pengumuman pemenang Lomba Jurnalistik, acara ditutup secara resmi oleh Diana Rahma Citra selaku MC Pena Expo 2020.

 

Lia Citra Dewi dan Yalna Tamilza

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Alpha

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama