Menumbuhkan Kreativitas Generasi Alpha Pada Pelatihan Desain dan Layout UKPM Pena BEM KM FKM Unand



Gambar 1. Spanduk Pelatihan Desain dan Layout

           Sabtu, 18 April 2020 pukul 13.00 WIB. UKPM Pena BEM KM FKM Unand telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain dan Layout (Pedela) dengan tema “Develop Skills and Learn Art in Graphics”. Kegiatan ini diwajibkan untuk seluruh anggota Divisi Publikasi dan Fotografi (PF) serta Redaksi dan Editor (RE).

             Pelatihan Desain dan Layout UKPM Pena BEM KM FKM Unand tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, acara Pedela dilakukan dengan konsep daring, yaitu melalui aplikasi  zoom. Hal ini  dikarenakan pada saat ini masih terjadi wabah Covid-19.        
  
   Walaupun dilakukan secara daring, namun rangkaian acara yang diadakan tidak jauh berbeda dengan Pedela seperti biasanya. Acara ini diawali dengan pembukaan  oleh Mc formal yaitu Arni Melati, selanjutnya kata sambutan dari ketua pelaksana yaitu Noura Rizki. Setelah itu, kata sambutan oleh Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand periode 2020 yaitu Valda Yasmina Putri, diikuti dengan kata sambutan dari Gubernur BEM KM FKM Unand yaitu Abdul Haq. Selain itu,  acara ini juga dihadiri oleh Dekan FKM Unand sekaligus Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand yaitu Bapak Defriman Djafri, SKM., MKM., Ph.D, yang mana langsung membuka acara tersebut secara resmi. 

    Pelatihan Desain dan Layout ini bertujuan untuk membantu pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dalam meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan mengenai desain dan layout. Pada kegiatan ini, seluruh peserta diwajibkan menggunakan laptop yang sudah terdapat aplikasi yang dibutuhkan, yaitu CorelDRAW  X7.

          Pada tahun-tahun sebelumnya penyampaian materi untuk Divisi RE dan PF digabung sekaligus, namun tidak dengan tahun ini. Setelah di evaluasi, nampaknya lebih efektif jika penyampaian materi untuk Divisi RE dan PF dipisahkan. Karena, output yang diharapkan dari kedua divisi tersebut juga berbeda.  

   Pada tahun ini, penyampaian materi terbagi kepada tiga sesi, yaitu sesi pertama pengenalan pemateri dan tools di aplikasi, sesi kedua materi untuk Divisi RE yaitu cover buletin dan layout, dan sesi ketiga untuk divisi PF yaitu feed instagram dan template berbasis online. Selama penyampaian materi, seluruh peserta turut diajak untuk mempraktikan dasar pembuatan desain dan layout menggunakan aplikasi yang tersedia di laptop masing-masing. Semoga setelah diadakannya kegiatan ini akan bermanfat bagi pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand untuk diterapkan pada program kerja masing-masing.

           
Putri Joelina dan Andini Febrian
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama