Manfaat dibalik Kebiasaan Membaca


Mempunyai kemampuan berfikir analitis
Saat kamu membaca sebuah buku, kamu pasti akan mencermati alur dan karakter dari cerita tersebut dengan begitu secara tidak langsung kamujuga menganalisis cerita didalam buku yang sedang kamu baca sehingga membuat kamu berfikir secara kritis.

Pikiran menjadi lebih terbuka
Orang yang biasanya gemar membaca juga lebih terbuka terhadap perspektif dalam memandang sesuatu permasalahan sehingga dapat menjadi partner yang oke jika kamu ajak diskusi.

Memiliki konsentrasi yang tinggi
Saat  membaca, seluruh perhatian kamu akan terfokus pada buku tersebut. Hal ini yang membuat orang–orang gemar membaca memiliki konsentrasi yang tinggi dan fokus terhadap suatu hal. 

Mempunyai Ingatan Yang Tajam
Dengan membaca seseorang dapat mengasah kemampuan otak mereka dan otak terus bekerja sehingga dapat membuat otak sehat. Orang yang gemar membaca juga dapat terhindar dari kepikunan.

Memiliki kemampuan dalam mengolah kata
Beberapa orang yang pintar berbicara mereka mempunyai banyak kosakata yang di keluarkan ketika bicara adalah orang yang gemar membaca karena buku senantiasa memiliki kandungan kosakata yang sangat luas. Selain itu juga biasanya orang yang gemar membaca akan memiliki kemampuan menulis yang baik, orang – orang sukses mengambil inspirasi dari apa yang mereka baca. Lebih Terdidik dan Informatif.

Memiliki Rasa Empati Yang Tinggi Yang Tinggi
Seseorang yang gemar membaca buku akan menstimulasi rasa empati yang tinggi dari cerita yang mereka baca. Pilihan buku yang akan di baca dapat memainkan peran dalam bentuk karakter emosional seseorang, karena sebuah novel dapat merangsang imajinasi seseorang hingga terbawa ke dalam emosi. Sebuah studi diproduksi oleh Kingston University di London, merangkum bahwa seorang penggemar buku fiksi memiliki perilaku sosial yang lebih positif dan penggemar buku novel memiliki rasa empati yang tinggi.


________________________________________________
Nadilla Fitri Andini
Wartawan UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Alpha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama