BEM KM FKM Unand Berikan Edukasi Bahaya Narkoba Kepada Pelajar


Jumat (19/10), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) untuk kesekian kalinya sukses mengadakan kegiatan berbasis pengabdian masyarakat yang diberi nama dengan Pengmas Care. Tahun ini, Pengmas Care mengangkat tema “Generasi Sehat,  Bebas Narkoba”.yang ditujukan untuk pelajar sekolah tingkat menengah atas.dimana kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 14 Padang, Sumatera Barat.
Pengmas Care merupakan salah satu program kerja unggulan dari BEM KM FKM Unand yang dilaksanakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Sesuai dengan output dari kesehatan masyarakat yaitu berbakti kepada masyarakat atau melakukan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan, maka BEM KM FKM Unand mengajak mahasiswa FKM Unand untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan juga menggandeng pihak luar untuk menyukseskan kegiatan ini.
Kali ini, Pengmas Care mengajak pihak Panti Rehabilitasi Sosial Narkoba Sahabat Suci Hati dan perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mengisi materi. Panti Rehabilitasi Sosial Narkoba Sahabat Suci Hati merupakan panti rehabilitasi pecandu narkoba yang telah bekerja sama dengan BNN dan Kementerian Sosial. Panti rehabitasi ini berdiri sejak tahun 2008 dan bernanung di bawah Yayasan Ikhwan Suci Hati.



Kegiatan Pengmas Care di SMAN 14 berlangsung seru dan meriah. Para siswa berkumpul di lapangan basket sekolah untuk mendengarkan materi yang akan disampaikan. Sebelum sampai pada penyampaian materi, kegiatan ini terlebih dahulu dibuka oleh Wakil Kesiswaan SMAN 14 Padang dan Wakil Gubernur BEM KM FKM Unand.


Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah pengetahuan seputar narkoba, dimulai dari jenis-jenis narkoba, ciri-ciri narkoba, bahaya serta efek yang ditimbulkan oleh narkoba. Materi tersebut disampaikan oleh Lisa Febriani dari Panti Rehabilitasi Sosial Narkoba Sahabat Suci Hati.  Sesudah materi disampaikan, suasana menjadi riuh dan ramai tatkala Syaiful yang merupakan perwakilan dari BNN memilih 10 siswa secara acak untuk melakukan tes urine pada siswa yang dipilih tersebut. Kegiatan tersebut menarik perhatian dari seluruh siswa yang ada di lapangan basket tersebut.
Pengmas Care mendapat apresiasi dari pihak sekolah dan disambut positif oleh siswa. Kegiatan ini bertujuaan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang bahaya dan ciri – ciri dari  narkoba sehingga diharapkan siswa dapat menghindari narkoba dan memiliki masa depan yang cerah.



(Annisa Afritika dan Intan)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
_________________________________
GENERASI LASKAR


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama